Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Lestarikan Adat Budaya Bangsa, Koramil 0801/12 Pringkuku Ikuti Tradisi Bersih Desa

Kamis, 23 Mei 2024 | Mei 23, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-23T09:20:24Z


 InformasiPhatas.com || Pacitan - Tradisi Bersih Desa merupakan salah satu acara adat yang masih terus dilestarikan oleh sebagian masyarakat Indonesia, Acara ini biasanya diadakan setahun sekali, dengan berbagai macam kegiatan seperti gotong royong membersihkan Desa, ritual adat, dan pertunjukan seni budaya.

Pada kesempatan ini, Anggota Koramil 0801/12 Pringkuku, Kodim 0801/Pacitan melakukan pengamanan pada acara tradisi Bersih Desa Arak Tumpeng yang berlangsung di Desa Glinggangan, Kec. Pringkuku, Kab. Pacitan, Kamis (23/05/2024).

Rangkaian acara diawali dengan mengarak tumpeng mulai dari Balai Desa Glinggangan menuju lapangan Gunung Manggis. Kemudian, secara simbolis tumpeng diserahkan oleh Kepala Desa kepada tokoh adat Desa Glinggangan. 

Dengan berbalut pakaian adat jawa, prosesi acara Bersih Desa memiliki nilai-nilai spiritual yang kental. Kemudian, antusias masyarakat yang hadir untuk menyaksikan juga sangat luar biasa, karena acara tersebut juga dimeriahkan dengan penampilan kesenian tari kolosal. 

Sementara itu, Peltu Lilik Bati Tuud Koramil 0801/12 Pringkuku mengutarakan, bahwa tradisi Bersih Desa dilaksanakan rutin tiap tahun sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT, selain untuk menumbuhkan kerukunan antar sesama warga. 

"Tradisi Bersih Desa ini merupakan adat istiadat warisan leluhur, yang patut kita jaga kelestariannya. Ini juga sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas anugerah yang diberikan kepada seluruh masyarakat, yakni berupa kesehatan, rezeki yang melimpah, serta dijauhkan dari segala musibah", ungkapnya. 

Tampak hadir dalam acara tradisi tersebut diantaranya, Kasi Dispapora Kab. Pacitan (Bpk Suparman), Camat Pringkuku (Bpk Suwoto), Anggota Polsek, Anggota Koramil 0801/12 Pringkuku, Kepala Desa Se Kecamatan Pringkuku, dan masyarakat Desa Glinggangan.






Editor. Kancil
×
Berita Terbaru Update