Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Satgas Yonkav 6/Naga Karimata Kunjungi Salah Satu Petani Milenial DS Organik Yang Berhasil Memadukan Teknologi IOT di Perkebunan

Rabu, 03 Januari 2024 | Januari 03, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-04T05:53:25Z


 InformasiPhatas.com || Noemuti - Satgas Yonkav 6/Naga Karimata tinjau DS Organik yang merupakan salah satu kelompok tani milenial yang berhasil kolaborasikan teknologi Iot untuk menyiram tanaman secara otomatis di Desa Popnam, Kecamatan Noemuti, Kabupaten TTU, Prov. NTT, Kamis (4/1/2024).

DS bukanlah singkatan dari desa, melainkan nama dari pemiliki kebun Deryanus Snae, Ia merupakan salah satu petani milenial yang cukup berhasil mengembangkan usaha di bidang pertanian khususnya tanaman hortikultura. Dengan kolaborasikan teknologi Iot pada kebun miliknya, Deryanus Snae telah berhasil mengembangkan dan menghasilkan hasil panen yang segar dan mampu bersaing dengan pasar.

Dalam jelasnya, pengelola kebun saat ini sudah memiliki kelompok tani berjumlah sekitar 20 dan sangat berhasil dalam mengelola hasil dari Perkebunan DS Organik. Untuk target pemasaran hasil panen, ia sudah memiliki pasar ke wilayah NTT seperti Atambua, Kefa, Kab. Kupang dan Kota Kupang.

“Untuk saat ini kebun saya sangat berkembang , jika dahulu system penyiramannya secara manual, saat ini sudah menggunakan sistem irigasi tetes, dan untuk komoditi yang saya garap bersama teman-teman karyawan yaitu sawi pagoda, alvase, cabai rawit, paprika, sawi putih, terong, melon, bayam, wortel, dan juga kangkung,” ungkap dari Deryanus Snae kepada seluruh danpos yang ikut mengunjungi Kebunnya

Dalam kunjungan ke DS Organik, pemilik perkebunan memperbolehkan para pengunjung untuk langsung mencicipi hasil kebun pepaya yang sudah dikembangkan, dan SSK III Kapten Kav Edianto Simangunsong mengatakan "Perkebunan yang sangat berhasil dan mampu menghasilkan hasil panen yang luar biasa. Inovasi seperti ini akan kami coba untuk dikembangkan di pos perbatasan untuk ikut membantu masyarakat dan mengembangkan berbagai perkebunan".




Editor. Kancil
×
Berita Terbaru Update